oleh

Antisi Pasi Hama, Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Dampingi Petani Semprot Hama Wareng

-Militer-84 views

Asahan   |   Penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat maupun wereng. Selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput yang bakal tumbuh di sekitar tanaman padi, keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin.

Dalam hal ini Serda Toni Babinsa Koramil 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Toni Suwandi turut serta membantu pendampingan menyemprot Hama Wereng di sawah milik Bapak Suwardi anggota kelompok tani Lohjenawi yang diketuai Bapak Sugeng dengan luas lahan 6 rante, untuk umur padi 28 hari yang terletak di Desa Bangun Sari Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Kamis (14/11/2019).

Ditempat terspisah Danramil 13/BP Kapten Inf Mulyanto mengatakan bahwa kegiatan Babinsa membantu penyemprotan hama ini sebagai bentuk sinergitas bersama TNI-AD khususnya Kodim 0208/Asahan sebagai aksi kepedulian untuk menyukseskan ketahanan Pangan yang diprogramkan oleh Pemerintah.

Pendampingan Babinsa dalam penanggulangan hama padi umumnya dengan menggunakan cara kimiawi yakni pestisida. Hama padi seperti wereng maupun ulat adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang maksimal dalam budi daya padi sawah. “Selain hama wereng dan ulat, para petani juga harus mewaspadai adanya serangan tikus. Para petani dihimbau untuk melakukan penyemprotan secara serentak, dan terjadwal agar hama wereng maupun ulat tidak berpindah ke areal sawah sekitarnya,” pungkas Serda Toni Suwandi.