oleh

Apel Danramil Dan Babinsa Tersebar Tahun 2020 Kodim 0207/Simalungun, Dandim Tegaskan Tentang Netralitas TNI Dalam Pilkada 2020

-Militer-1 views

Simalungun  |  Komandan Kodim 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka buka secara resmi Apel Danramil dan Babinsa Tersebar Tahun 2020 yang dilaksanakan bertempat di Aula Makodim 0207/Simalungun, Jln. Jon Horailum Saragih Nagori Bahapal Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, Jumat (04/12/2020).

Kegiatan tersebut dengan tema “Danramil dan Babinsa Siap Mendukung Tugas TNI AD dalam Penanganan Covid 19 Pemulihan Ekonomi, dan Mensukseskan Pilkada Serentak TA. 2020”, dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 03 sampai dengan 04 Desember 2020.

Dalam arahannya saat membuka kegiatan tersebut, Letkol Inf Roly Souhoka, langsung memberikan pengarahan tentang kesiapan dalam mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020. Lebih lanjut orang nomor satu di Kodim 0207/Simalungun itu juga menegaskan bahwa terkait masa Pilkada tahun 2020 ini agar seluruh Personel TNI Jajaran Kodim 0207/Simalungun tetap menjaga Netralitasnya. “Jaga netralitas TNI-AD di Pilkada 2020 ini, jika ada prajurit Kodim 0207/Simalungun yang kedapatan tidak netral, mohon maaf sebelumnya, akan saya proses dan masukan sel,” tegas Dandim didepan seluruh peserta Apel.

Dandim juga memberikan penekanan bahwa dalam pelaksanaan tugas, setiap prajurit perlu menjaga hubungan baik dengan seluruh masyarakat, harus mampu menjaga wilayah binaannya, hindari politik praktis. “Tugas kalian adalah berada di tengah-tengah masyarakat, supaya tidak terjadi konflik, ingat netralitas harga mati. Jangan kalian berpihak dan jangan sekali-kali menggunakan kekuasaan untuk kepentingan diri dan kelompok tertentu,” pungkas Dandim.

Apel Danramil dan Babinsa tersebar ini merupakan perintah pimpinan Angkatan Darat dan tindak lanjut dari pelaksanaan apel Danrem, Dandim Terpusat TA. 2020, termasuk pengarahan Pangdam l/Bukit Barisan dan Kapolda Sumut, tentang mengedepankan sinergitas. Memang kalau di wilayah, sinergitas juga sebenarnya harus dengan Pemda, agar sinergitas itu menjadi lebih kuat. “Dalam bertugas, jaga hubungan baik dengan aparat Kepolisian dan aparatur Pemerintah Kecamatan setempat karena mereka adalah aparat negara yang tugasnya berbeda dengan kita, tetapi sama-sama kita mengemban tugas Negara. Pahami tupoksi mereka dan mereka akan memahami tupoksi TNI,” tambah Dandim.

Sementara itu, Tim Waslakgiat Rem 022/PT Pasi Bin Puanter Rem 022/PT Mayor Inf Sukaraito menjelaskan tentang Pengetahuaan Teritorial meliputi sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, dan metode pembinaan teritorial. “Peningkatan pemahaman tentang aplikasi Binter dan permasalahan sesuai tipologi wilayah yang menjadi tanggung jawabnya guna mendukung tugas pokok TNI-AD serta meningkatkan pemahaman serta kemampuan dalam mengaplikasikan hukum di lapangan,” pungkasnya.

Adapun pemberi Pemulihan Ekonomi khususnya ketahanan pangan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun Bapak. Jenri Saragih, SP. M.Si., Pemberi Materi Penanganan Covid-19 oleh Dinkes Kabupaten Simalungun Ibu Julita Pakpahan SKM, M. Epid, dan Pemberi Materi Sinergitas TNI-POLRI dalam mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 oleh AKP Y. Sinulingga.

Dalam Pelaksanaan Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TW IV TA. 2020 Kodim 0207/Simalungun yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi, pola pikir, aplikasi, evaluasi dan tindakan para Danramil dan Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD dalam melaksanakan kebijakan pimpinan guna menyikapi permasalahan Binter di Wilayah untuk mendukung tercapainya Tugas Pokok TNI AD.

Pembinaan teritorial sebagai fungsi utama TNI AD, diarahkan untuk mencapai sasaran bagi terwujudnya ruang,alat dan kondisi juang serta kemanunggalan TNI Rakyat yang tangguh dalam rangka mendukung pertahanan negara di darat. Dengan demikian Koramil sebagai aparat teritorial paling depan yang secara langsung bersentuhan dengan Masyarakat harus dibekali dengan Pengetahuan Teritorial, khususnya Lima Kemampuan Teritorial.

Dalam menghadapi pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020, Saya berharap agar semua pihak untuk saling bersinergi mewujudkan Keamanan dan Kesuksesan Gelaran Pesta Demokrasi di wilayah Kodim 0207/Simalungun.