oleh

Babinsa Koramil 01/ Medang Deras Bantu Petani Cabut Rumput Padi

-Militer-83 views

 

Batu Bara | Babinsa Koramil 01/Medang Deras kodim 0208/Asahan Serda Mulyana melaksanakan kegiatan membantu petani mencabut rumput  di lahan Pak Sunarman luas 11 rante Poktan Karya Tani Kapoktan Boiman Kecamatan.Medang Deras Kabupaten.Batu bara, Selasaa (12/11/2019)

Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman, gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut ”Jawan padi,” ungkapnya.

Gulma pada tanaman harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik. dan apabila di biarkan maka padi yang ditanam akan lambat perkembangnya.

Bapak Ketua pok tani bapak Somad menjelaskan, Gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam tanaman padi sawah. Persaingan Gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. “Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” jelasnya.

Pak Sunarman pemilik lahan sawah yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput di Sela Sela tanaman padi oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih. “Berkat pak Babinsa membantu di sawah saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman penggangu (gulma) bisa tercapai,” tandasnya.

Penyiangan dengan tradisional menggunakan tangan di beberapa tempat masih di gunakan walaupun cara penggunaan alat ini sudah banyak ditinggalkan karena memerlukan banyak tenaga. Mengingat cara kerjanya yang sederhana sebagian masyarakat masih tetap menggunakanya, untuk itu Babinsa memotivasi dan mengajak para petani di wilayah binaannya untuk lebih rutin dalam merawat dan memelihara tanaman padi, termasuk dalam mengendalikan Gulma.