oleh

Babinsa Koramil 01/SU Laksanakan Gotong Royong Pembuatan IPAL Sanitasi Dikelurahan Naga Pitu

-Militer-96 views

Pematang Siantar  |  Di masa sekarang ini, pembuangan limbah domestik volumenya makin meningkat. Sehingga banyak tempat yang bingung mencari tempat jual IPAL yang paling tepat dan efisien dalam pelaksanaannya. Maklum saja, pembuangan air limbah domestik tentunya harus sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh pemerintah. Sehingga pastinya ramah lingkungan dan aman terkendali. Oleh sebab itu sebaiknya pilih sistem IPAL yang baik jika hendak mengolah limbah domestik yang dihasilkan oleh suatu tempat. Baik untuk IPAL puskesmas, IPAL komunal, IPAL klinik, IPAL rumah sakit, IPAL laboratorium, IPAL pabrik, IPAL restoran maupun IPAL rumah potong hewan. Dengan memilih sistem  yang tepat tentu dapat menjalankan pengolahan secara efektif dan menghasilkan limbah yang lebih ramah lingkungan juga.

Dalam hal ini Babinsa Koramil 01/Siantar Utara Serda Saji Dan Serda Hendra Pasaribu turut serta melaksanakan Gotong royong bersama warganya dalam rangka pembuatan (IPAL) Sanitasi yang terletak di Kelurahan Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar, Sabtu (26/10/2019).

Serda Hendra Pasaribu mengungkapkan Adapun salah satu sistem IPAL yang baik dan memadai adalah sistem yang terbukti dapat membantu untuk mengurangi efek pada lingkungan. Tentunya selama ini ada beberapa metode yang digunakan untuk mengolah air limbah domestik pada berbagai macam tempat. Mulai dari metode konvensional hingga yang paling baru. Umumnya metode konvensional menggunakan sistem lumpur aktif sehingga menghasilkan limbah yang kekentalan lumpurnya masih cukup tinggi. Akhirnya sistem ini dipandang kurang efektif dan efisien pada prakteknya.

Berbeda dengan metode terkini untuk IPAL domestik yang mulai banyak digunakan pada berbagai macam tempat. Saat ini ada terobosan baru menggunakan sistem IPAL biofilter yang menggunakan metode sistem kerja Anaerob Aerob, sehingga lumpur/ sendimentasi yang dihasilkan sangat sedikit, menjadikan mudahnya dalam perawatan.

Proses tersebut pada dasarnya adalah unit IPAL domestik yang dapat memproses air limbah menjadi air olahan yang aman bagi lingkungan. Unit pengolahan limbah ini adalah unit pengolahan secara biologis menggunakan mikroorganisme alami yang terdapat di alam. Adapun unit pengolahan limbah tersebut bekerja seperti halnya daya dukung lingkungan namun dibuat menjadi lebih praktis dalam serangkaian peralatan.