oleh

Babinsa Koramil 01/SU  Laksanakan Upsus Pembersihan Rumput dan Cek Jagung

-Militer-56 views

Pematang Siantar  | Koramil 01/Siantar Utara  Kodim 0207/Simalungun Serda Karnadi melaksanakan giat Hanpang mendampingi kelompok tani Budi Daya membantu membersihkan rumput dan mengecek perkembangan tanaman jagung milik Ibu Rosda br Simarmata, seluas 5 Rante di kelurahan Pondok Sayur Kecamatan Siantar Martoba. Kamis (19/12/2019).

Dalam pendampingan tersebut babinsa membantu petani melakukan pencabutan rumput yang tumbuh disekitar tanaman jagung di lahan milik milik Ibu Rosda br Simarmata, seluas 5 Rante di kelurahan Pondok Sayur Kecamatan Siantar Martoba. “Pada pengendalian satu masalah yang dihadapi dalam upaya peningkatan produktivitas jagung, termasuk pertumbuhan gulma menjadi faktor yang cukup mengganggu dalam budidaya jagung,” kata Babinsa Serda Karnadi.

Dia menambahkan, tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.

Sementara, Danramil kapten Inf Suwito mengungkapkan, tanaman jagung tersebut perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman jagung. Ini mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung. “Ini dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani akan menghasilkan panen sesuai yang diharapkan. Hingga akhirnya dapat mendukung suksesnya kegiatan swasembada pangan sesuai harapan pemerintah.