oleh

Babinsa Koramil 02/Air Putih bersama Petani, Cek Tanaman Padi Rusak Diserang Hama Tikus di Desa Tanjung Kubah

-Militer-15 views

Batu Bara  |  Babinsa Koramil 02/Air Putih Kodim 0208/Asahan Serda David melaksanakan giat  pendampingan pok tani membantu bapak Herbet Silaen mengecek tanaman padi yg rusak akibat serangan hama tikus dgn luas lahan 5 rante yg berlokasi di Desa Tanjung Kubah, Kecamatan Air Putih, Kabupaten. Batubara, Sabtu (14/03/2020).

Hama tikus yang merusak tanaman padi itu terjadi sejak sepekan terahir ini membuat sejumlah tanaman padi milik petani rusak. “Untuk mencegah kerusakaan tanaman padi lebih meluas kita terjun kesawah menggelar geropyokan atau memburu hama tikus,” kata Petani.

Ia mengatakan, dalam aksinya puluhan petani itu menyasar sarang tikus dipemantang sawah dengan cara memberikan pengasapan yang dicampur belerang asap putih pun mengepul keudara. “Dengan cara pengemposan hama tikus itu dipastikan menggelepar didalam sarangnya setelah mengisap asap campur belerang, katanya.

Bapak Herbet Silaen mengatakan, tanaman padi yang diserang hama tikus sedikitnya ada sekitar 10 hektar. Tanaman padi itu rusak selain batangnya dimakan tikus daunnya juga menguning akibat batang padinya putus dari bonggol padi. “Dengan adanya geropyokan memburu hama tikus semoga saja tanaman padi aman dari serangan hama,” kata Bapak Silaen.

Serda David menambahkan, kegaiatan semacam ini akan terus dilakukan oleh para petani hingga tanaman padi aman dan dapat menghasilkan panen padi sesuai harapan. “Kita berharap kepada instansi terkait dapat membantu mengatasi hama tikus yang sudah merusak tanaman padi milik petani agar petani tidak merugi,” pungkasnya.