oleh

Babinsa Koramil 02/AP Komsos Dengan Petugas Puskesmas Indrapura

-Militer-76 views

Batu Bara  |  Babinsa Koramil 02/Air Putih jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Ady Sutrisno melaksanakan pendampingan Monitoring Stop BABS di rumah pak Zul beserta petugas puskesmas Indrapura dan hal ini babinsa menyampaikan tentang penting nya menjalani pola hidup sehat dengan cara tidak buang air besar sembarangan yang dilaksanakan di Desa Sipare Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Rabu (04/12/2019).

Komsos  ini dilaksanakan untuk  mengetahui data akhir jumlah masyarakat yang sudah melaksanakan gerakan  STOP BABS ( Buang Air Besar Sembarangan). Sekedar informasi agar dipahami, bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Sedangkan STBM ini sudah menjadi acuan nasional untuk program sanitasi yang berbasis masyarakat sejak dikeluarkanya  Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis masyarakat.

Pembahasan dalam sosialisasi tersebut menyangkut beberapa Poin (STBM) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) “Harus di Lakukan”, Yang merupakan Program pemerintah dalam hal menciptakan keluarga dan lingkungan yang sehat di antaranya. Stop Buang Air Besar Sembarangan – Cuci Tangan Pakai Sabun – Makanan Yang Sehat dan Pengolahan Air Minum – Mengelola Sampah Dengan Benar (Buang Sampah Selalu Pada Tempatnya) – Mengelola Limbah Cair Rumah Tangga Dengan Benar Hadir dalam kegiatan (STBM) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat tersebut tahun 2019.