oleh

Babinsa Koramil 03/SS Kembali Bantu Petani Olah Lahan

-Militer-204 views

 

 

P.siantar   |  Koramil 03/Siantar Selatan  Kodim 0207/Simalungun  Korem 022/PT Kopda U.P Sidabutar bersama ppl pertanian beserta poktan mulia tani kel tong marimbun melaksanakan pendampingan pengolahan siap tanam padi seluas lebih kurang 10 rante milik bpk B,tampubolon dikelurahan tong marimbun kecamatan siantar marimbun, Selasa (27/08/2019).

 

“Persiapan lahan merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dilakukan dalam memulai usaha budi daya padi. Persiapan lahan yang baik, berpengaruh besar terhadap produktivitas tanaman. Banyak penelitian menunjukkan dengan melakukan persiapan lahan sebelum melakukan usaha budi daya bisa meningkatkan hasil panen hingga 30 persen,” ujarnya.

 

Selain memperbaiki tanah, pembersihan juga bertujuan memperlancar arus air dan menekan jumlah biji gulma yang terbawa masuk ke petak sawah. Pengolahan tanah merupakan cara untuk memperbaiki kondisi fisik, kimia mau pun biologi tanah.

 

Hal ini, kata dia mutlak dilakukan para petani sebelum melakukan penanaman bibit. Karena dengan pengolahan tanah yang baik dan benar maka proses penanaman akan lebih mudah dan tentunya itu baik sekali untuk benih yang akan ditanam.

 

Mengaduk sisa tanaman secara merata ke dalam tanah sebagai sumber bahan organik dan unsur hara tanaman. Selain mengurangi resistensi tanah sehingga penetrasi akar dan pembesaran umbi menjadi lebih mudah dan mengurangi organ atau bagian jaringan gulma yang tersisa di dalam tanah.Diharapkan ini dapat mengurangi potensi gangguannya terhadap pertumbuhan tanaman, berarti juga mengurangi biaya untuk pengendalian gulma selama periode budidaya tanaman.