oleh

Babinsa Koramil 04/Talawi Dampingi Petani Basmi Hama Gulma

-Militer-46 views

Batu Bara  |  Memasuki masa pertumbuhan tanaman padi, area persawahan kerap kali di tumbuhi oleh Gulma atau rumput liar lainnya, yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman padi di lahan sawah milik para petani di wilayah.

Untuk mengegah itu, maka Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Talawi Serda N. Suprayetno terus mendampingi para petani membantu merawat tanaman padi dengan membasmi serangan Gulma pengganggu tanaman, sehingga pertumbuhan padi dapat berlangsung dengan baik.

Seperti dilakukan oleh Serda N. Suprayetno membantu membersihkan rumput di lahan sawah milik Pak Mudio (61) petani Dusun 2 Desa Sei Muka Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batu Bara, Sabtu (25/01/2020).

Ditempat berbeda, Danramil 04/Talawi mengatakan bahwa di beberapa wilayah terutama di Kabupaten Batu Bara telah tanaman padi telah memasuki masa pertumbuhan, untuk itu perlu dilakukan pemeliharaan dan perawatan terhadap tanaman padi. “Di masa inilah, sangat rawan terhadap tumbuhan liar seperti Gulma dan lainnya, yang sangat merugikan para petani di wilayah,” kata Danramil.

Lebih lanjut Danramil menambahkan apabila tanaman padi tidak sering dilakukan perawatan dan pemeliharaan, maka Gulma pengganggu tanaman itu akan terus berkembang dengan cepat, sehingga dapat merusak pertumbuhan tanaman padi tersebut. “Membiarkan Gulma tumbuh, jelas berpengaruh besar terhadap hasil panen padi nanti di wilayah,” imbuh Danramil.