oleh

Babinsa Koramil 05/Serbelawan Komsos Dengan Nelayan  Cara Membuat Jala Ikan

-Militer-49 views

Simalungun  |  Babinsa Koramil 05/Serbelawan Kodim 0207/Simalungun Serda Muhammad Anshari melaksanakan kegiatan komsos dengan Bapak Sarmen, Bapak Legi di Perluasan Barat Kelurahan Serbalawan Kecamatan Dolok Batunanggar membicarakan tentang cara merajuk jala untuk menangkap ikan, Kamis (06/02/2020).

Bapak Sarmen mengatakan Yang perlu disiapkan   untuk membuat jala ikan  adalah jarum khusus ( Suban  ) bisa dibuat sendiri dari bambu atau beli di tempat pasar / toko yang khusus menjual peralatan pancing. Alat kedua yang perlu disiapkan adalah suri , sebuah alat cetak yang terbuat dari bambu gunanya untuk mencetak ukuran lubang jala yang sama.

Yang paling utama dalam pembuatan jala  adalah bahannya,  yang harus disiapkan adalah benang senar putih ( bisa dibeli di toko pancing ) dengan ukuran sesuai kebutuhan , tergantung berapa panjang dan lebar jala  yang akan dibuat. Pertama tama benang senar di gulung ke Suban  secukupnya ,ikatkan  tali sebagai pusat jala lalu mulailah merajut dengan menggunakan suri  sebagai cetakannya sesuai lebar ukuran yang akan dibuat.

Langkah selanjutnya jalin benang secara berurutan ke bawah dan jangan lupa ikat dengan ikatan tali mati agar jalinan tidak mudah bergeser dan tidak berubah bentuk serta ukuran. “Lanjutkan merajut hingga ukuran yang di inginkan terwujud ” begitu keterangan akhir yang disampaikan pak Sarmen.

Serda Muhammad sangat berterima kasih kepada bapak sarmen dan bapak legi yang mau berbagi ilmu kepada saya semoga ilmu tersebut bermanfaat , dan tidak itu saja dengan adanya komsos ini akan terjalin silaturahim yang baik antar TNI dengan rakyat Ujar babinsa.