oleh

Babinsa Koramil 06/Perdagangan Komsos Dengan Pengrajin Makanan Gaplek

-Militer-215 views

Simalungun  |  Kegiatan Komsos antara Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan dengan masyarakat dapat dilakukan secara terus-menerus dan kapan saja, seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 06/Perdagangan Kodim 0207/Simalungun  Pelda Purnomo melaksanakan kegiatan komsos bersama Bapak Bowo seorang pengerajin makanan gaplek di Nagori Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar membahas tentang cara pembuatan makanan gaplek. Selasa (25/02/2020).

Babinsa merupakan perpanjangan tangan dan ujung tombak TNI AD, khususnya dalam melaksanakan rangkaian kegiatan pembinaan Binter. Untuk menciptakan situasi yang kondusif dan wilayah yang aman, nyaman, tentram dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu juga, menunjang kegiatan bidang geografi, demografi dan kondisi sosial.

Saat ini Pelda Purnomo mengadakan komsos dengan pengrajin gaplek di daerah binaanya Gaplek adalah bahan makanan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Umbi dari ketela pohon akan dikupas, dibersihkan, dipotong-potong lalu dijemur. Tahapan tersebut merupakan gambaran sederhana dalam pembuatan gaplek dari singkong. Dari situlah keingin tahuan babinsa belajar sedikit tentang makanan Gaplek dengan Bapak Bowo.

Selanjutnya Bapak bowo menjelaskan satu persatu proses pembuatan gaplek kepada bapak babinsa yaitu, upas ubi kayu, cuci sampai bersih lalu jemur hingga kering.,Masukkan ubi kayu kening kedalam lumpang, kemudian tumbuk.Ayak dengan ayakan halus. Sisa pengayakan ditumbuk dan diayak lagi, demikian seterusnya hingga diperoleh tepung halus.Jemur tepung dibawah sinar matahari.

Gaplek inilah yang nanti akan diolah kembali menjadi berbagai macam olahan makanan. Ada dua jenis gaplek yang umum di masyarakat. Ada gaplek putih yang diasanya akan ditepungkan lalu dimasak menjadi tiwul. Ada juga gaplek hitam yang nantinya diolah menjadi gatot.