oleh

Babinsa Koramil 07/Air Joman Bantu Petani Budidaya Sayuran di Desa Punggul

-Militer-56 views

Asahan  |  Babinsa Koramil 07/air Joman jajaran Kodim 0208/Asahan Kopda Hadi Ismanto melaksanakan pendampingan petani dalam kegiatan penanaman tanaman Sawi yang terletak di Dusun 2 Desa Punggulan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan, Kamis (23/01/2020).

Kita tahu bahwa wilayah Dusun 2 Desa Punggulan ini sangat subur dan membuat sebagian besar warga membudidayakan tanaman sayuran, selain untuk bisa untuk dikonsumsi juga dijual ke pasar. Tanaman sayur yang ditanam kali ini adalah sayur sawi.

Dusun 2 Desa Punggulan merupakan salah satu bagian wilayah Kabupaten Asahan yang secara georafis memiliki struktur tanah rata dan Subur, Hal tersebut tentunya mempengaruhi budaya, sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Begitupun para petani yang telah bertahun-tahun beradaptasi dengan kondisi wilayah tersebut.

Seperti halnya para petani di Dusun 2 Desa Punggulan, mereka memaksimalkan lahan pertanian dengan menanami tanaman holtikultura baik itu sayur mayur, buah buahan maupun jagung. Kegiatan ini merupakan wujud nyata mendukung dan mensukseskan swasembada pagan yang sudah diprogramkan pemerintah,” Papar Babinsa.

Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral. Beberapa vitamin penting yang terkandung di dalam sayuran seperti vitamin A yang berasal dari Karotin berguna untuk kesehatan mata. Lalu ada mineral penting, seperti zat besi yang berguna untuk menjaga kadar Haemoglobin darah. Sayuran juga merupakan sumber serat yang amat dibutuhkan bagi pencernaan.

Menyadari akan pentingnya manfaat dari sayur mayur inilah, Kopda Hadi Ismanto tak bosan memberikan pengertian kepada warga binaannya agar senantiasa mengkonsumsi sayur sesuai kadar yang dibutuhkan serta membudidayakan komoditi sayuran di lahan-lahan mereka. “Tidak hanya dikonsumsi saja, tanaman sayur ini jika di budidayakan dengan benar juga akan menghasilkan income tersendiri bagi para petani,” kata Kopda Hadi Ismanto.