oleh

Babinsa Koramil 08/Bangun  anjangsana ke Kantor Pangulu Nagori Karang Sari Bahas Pernikahan Dini

-Militer-250 views

Simalungun | Koramil 08/Bangun  kodim 0207/Simalungun Serda Surya  melaksanakan komsos di Kantor Pangulu Nagori Karang Sari Kec Gunung Maligas dengan Bpk Solihin Kaur Pemerintahan Bpk Fitriono Gamot II dan Ibu Nurhaida Purba Kaur ADM/ Keungan membicarakan tentang pernikahan semakin meningkatnya pernikahan dini pada saat ini, Kamis (21/11/2019).

Serda Surya mengatakan UU Perkawinan sebenarnya tidak mengenal adanya perkawinan anak atau pernikahan dewasa. UU Perkawinan hanya memberi batasan minimal usia ideal bagi warga negara untuk menikah, yaitu setelah berumur 21 tahun, baik laki-laki maupun perempuan. Hanya saja, UU Perkawinan membolehkan laki-laki berumur di bawah 19 tahun dan perempuan di bawah 16 tahun untuk menikah, selagi mendapat dispensasi dari pengadilan, dalam hal ini Pengadilan Agama.

Pernikahan dini sejatinya sudah banyak terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Pusat Statistik pada tahun 2017 menyebut 25,71 persen perempuan berusia 20-24 tahun menikah saat umurnya kurang dari 18 tahun. Artinya, 1 dari 4 perempuan Indonesia menikah di usia anak. Ujar babinsa.