oleh

Babinsa Koramil 08/Pualau Buaya Bantu Nelayan Angkat Hasil Ikan Tangkapan di Panton Bagan Asahan

-Militer-37 views

Tanjung Balai   |   Seiring berjalannya waktu, sumberdaya yang potensional tersebut perlahan mengalami penurunan. Banyak faktor yang mempengaruhi penurunan kualitas, salah satunya adalah ketidaktahuan masyarakat mengenai jenis, cara pemanfaatan, dan pembudidayaan ikan.

Sekarang, dari pagi sampai sore, kadang hanya mendapatkan 10, 20, paling banyak 30 ekor ikan. Itu pun sangat jarang. Hal tersebut yang membuat perekonomian kami terganggu,” ujar Husni, salah satu nelayan ikan tangkap.

Selain itu, permasalahan yang menjerat para nelayan adalah mereka terjebak dalam lingkaran tengkulak. Mereka terlilit hutang besar yang mereka gunakan untuk biaya melaut. Sayangnya, seringkali para nelayan tersebut, bahkan tidak dapat membawa hasil laut yang banyak. Sehingga mereka tidak bisa membayar hutang. Sehingga hutang mereka menumpuk dan bertambah banyak.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa Koramil 08/Pulau Buaya Sertu Suwardi jajaran Kodim 0208/Asahan turun langsung membantu Warga Desa Binaannya untuk mengangkat hasil tangkapan ikannya yang dikerjakan pada malam hari tersebutbersama sama dengan petugas SPSI yang di Panton Bagan Asahan, Selasa (14/01/2020).