oleh

Babinsa Koramil 10/Balimbingan Bersama Gapoktan Parsambilan Basmi Tikus

-Militer-70 views

Simalungun | Sertu JP. Hasibuan dan Serda TAP Napitupulu personil Koramil 10/Balimbingan Kodim 0207/Simalungun melaksanakan gotong royong Pemburuan Hama Tikus yang di Pelopori Oleh Ketua Gapoktan Parsambilan 2 Bapak Sabungan Panggabean di Nagori Jawa Tonga II Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun, Selasa (25/02/2020).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib itu ditujukan agar pada masa penyemaian bibit padi lepas dari gangguan tikus, hal ini salah satu upaya sinergitas para Babinsa Koramil 10/Balimbingan  dalam upaya untuk mensukseskan masa tanam padi perdana di wilayah itu.

Kegiatan gropyok tikus ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan jelang musa tanam tiba. Kegiatan ini juga merupakan ide dari ketua Gapoktan Parsambilan 2 Bapak Sabungan Panggabean berkoordinasi dengan Babinsa wilayah Kecamatan Hatonduhan kabupaten Simalungun.

Untuk obat pengemposan tikus didukung dari Dinas Pertanian. Dalam kegiatan ini ada dua jenis obat tikus yakni pengemposan yang memakai asap dan memakai umpan sebagai makanan tikus yang beracun.maupun memakai Alat Tradisional seperti parang dan tombak bahkan kayu.

Masyarakat setempat pun mendukung kegiatan yang dilakukan Babinsa tersebut, dengan penuh antusias, warga pun turut ambil bagian pada kegiatan ini.

Tururt hadir dalam kegiatan sbb Pangulu Jawa Tonga 2  Bpk Limpo Ragukguk. Koordinator Pertanian Kecamatan. Hatonduhan Sandro  Sinaga STTP.PPL Jawa Tonga II  Ibu S. Silalahi. PPL Jawa Tonga Bpk  Imron Simanjuntak dan  PPL Tonduhan Ibu J. Sianturi.