oleh

Babinsa Koramil 10/Balimbingan Hadiri Musyawarah Antar Desa Sosialisasi Program Inovasi Desa

-Militer-52 views

Simalungun  |  Sertu Tugio personil kodim 0207/Simalungun menghadiri Musdes (Pra Musrembang) Program Inovasi Desa (PID) di Nagori Bosar Bayu Kec. Huta Bayu Raja Kab. Simalungun TA. 2019. minggu (22/12/2019).

Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawacita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Untuk menunjang program tersebut, Pemerintah Kecamatan Huta Bayu yang berperan sebagai Pembina PID serta bertugas membuat SPC untuk menetapkan TPID, melaksanakan pertemuan sekaligus sosialisasi tentang Program Inivasi Desa (PID), menindaklanjuti hasi pertemuan pada tanggal 16 April 2019 di ruang rapat Dinas PMD Kabupaten Simalungun ,

Pembentukan Tim pelaksana Inovasi Desa yakni untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, untuk mendukung upaya-upaya peningkatan kapasitas desa didalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas, melalui kegiatan Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa(PPID) dengan fokus pada bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan, Pengembangan SDM dan Infrastruktur Desa.

Pada dasarnya PID bertujuan untuk mempasilitasi peningkatan kapasitas Desa melalui layanan jasa P2KTD untuk mewujudkan replikasi atau adopsi kegiatan inovasi desa, dengan sasaran pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, berpedoman dengan tujuan Pengembangan Proyek atau Project Development Objectives (POD) dan Indikator Kunci Keberhasilan atau Key Performance Indicator (KPI).

Peretemuan tersebut dihadiri langsung oleh Camat Huta Bayu Raja diwakili Ibu Rosita Pangaribuan. Pangulu Bosar Bayu Bpk Rotbel Simanjuntak, Ketua Maujana Bpk R. Sitorus, Sekdes Nagori Bpk Anton Tampubolon, TPIP Kec. Huta Bayu Raja Bpk Wahyu, Pendamping Desa Bpk Saihot Sirait.Seluruh Gamot Nagori Bosar Bayu,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh ,Pemuda Nagori Bosar Bayu, Bhabinkantibmas Bripka Vonca Tampubolon.