oleh

Babinsa Koramil 12/Saribu Dolok Bersama Mitra Harimau Laksanakan patroli Karhutla

-Militer-65 views

Simalungun  |  Mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), tidak hanya melakukan sosialisasi. Mereka juga melakukan patroli ke sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi Karhutla. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 12/Seribu Dolok jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Hotmuda Purba dan Serda Darwin Purba bersama personel Mitra Harimau 12 melaksanakan patroli Karhutla bertempat di Lokasi Gunung Sipiso Poso Kabupaten Simalungun, Senin (24/02/2020).

Bulan ini diperkirakan cuaca panas atau musim kemarau panjang sehingga akan mudah terjadi kebakaran lahan perkebunan atau hutan  sebab jika terjadi disuatu  kebakaran di lahan maka akan berdampak rusak pada perekonomian masyarakat tersebut,” kata Serda Hotmuda Purba.

Efek negatif dari Karhutla sangat jelas dampaknya dirasakan masyarakat. Selain mengganggu kesehatan, kerusakan ekosistem dan keseimbangan ekosistem tidak stabil. Hal itu akan merembes hingga mata pencarian atau perekonomian masyarakat.

Ia mengatakan, ke depan dengan melakukan pembinaan dan penyuluhan, pihaknya yakin tidak akan ada lagi Karhutla. Ujar Babinsa Seribu Dolok tersebut.