oleh

Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Bantu Petani Usir Hama Burung Disawah

-Militer-25 views

Asahan  |  Burung pipit dan gereja sering menyerang persemaian benih padi di lahan sawah di desa Mejobo. Lebih baik, para petani harus kembali menyemai tanaman pangan itu hingga tiga kali lipat.

Dalam hal ini Babinsa Koramil 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Toni Suwandi turut serta mendampingin Ibu Sumarni anggota Kelompok Tani Purwodadi dengan luas lahan 10 rante umur padi 70 hari yangterletak di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Batu Bara, Kamsi (19/03/2020).

Babinsa membantu pembuatan alat untuk mengusir burung yang menanam tanaman para petani. Metode yang digunakan untuk mengusir burung ini antara lain membuat orang-orangan, umbul-umbul, membunyikan kaleng, memasang plastik kresek.

Hama burung merupakan salah satu hama yang kerap memakan dan merusak padi petani yang sudah mulai berbenih. “Hama burung ini apabila tidak di antisipasi dikhawatirkan akan mengakibatkan kerugian bagi petani,” ujar Sertu Toni Suwandi.

Pada kesempatan tersebut Sertu Toni Suwandi mengatakan kepada Ibu Sumarni agar fokus menjaga tanaman padinya hingga musim panen tiba. Ia meminta hama burung dijadikan prioritas karena akan sangat berdampak signifikan pada hasil panen nantinya. “Pesan saya kepada Ibu Sumarni agar fokus menjaga padi sampai panen tiba. Prioritas saat ini adalah mengusir hama burung. Jangan sampai kecolongan yang berakibat merugikan petani “ ungkap Sertu Toni Suwandi.