oleh

Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Dampingi Sukseskan Swasembada Pangan Dengan Dampingi Petani Menyemprot Hama Wareng

-Militer-158 views

Asahan   |   Keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin. ”Tak jarang petani malas membersihkan hama rumput. Padahal sebenarnya juga bisa dijadikan pupuk organik jika dikelola dengan baik.

Seperti halnya yang dilakukann oleh Babinsa Koramil 13/Buntuu Pane Serda Toni Suwandi Kodim 0208/Asahan membantu pendampingan petani dalam pelaksanaan menyemprot hama wereng di sawah milik Bapak Supardi dengan luas lahan 10 rante dengan umur padi 42 hari yang terletak di Desa Bangun Sari Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan.

Penyemprotan hama tersebut menggunakan obat semprot untuk hama padi jenisnya tetrin. “Akhir akhir ini banyak hama kaper yang bertelor dan menetas jadi hama ulat pada tanaman padi, untuk itu kita perlu laksanakan penyemprotan,” Serda Toni Suwandi.

Dari kegiatan tersebut, petani merasa sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa. “Semoga petani lebih bersemangat dan termotivasi untuk lebih giat lagi dalam mensukseskan program pemerintah swasembada pangan,” tegas Bapak Supardi.

Disamping itu para petani dianjurkan untuk melaksanakan pengeringan sawah pada waktunya,, sehingga semut sebagai predator juga akan membantu para petani memangsa telor keong mas, wereng coklat, ulat penggerek batang (walang sangit) dan memangsa hama lain. Namun yang terpenting adalah selalu memantau perkembangan hama tersebut agar tidak menjadi banyak, tutup Serda Toni Suwandi.