oleh

Babinsa Koramil 14/BPM Serda L.Siringo Ringo bantu  Masyarakat Buat Kolam Ikan

-Militer-32 views

Asahan  |  Babinsa Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge jajaran Kodim 0208/Asahan Serda L.Siringoringo turut melaksanakan kegiatan Gotong royong dengan membantu masyarakat membuat kolam yang terletak di Dusun 4 Desa Suka Makmur Kecamatan  Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan, Selasa (17/03/2020).

Pada kesempatan tersebut Serda L.Siringo Babinsa Koramil 14/BPM  menyampaikan, pembuatan kolam ikan ini dapat menjadi pelopor untuk pengembangan perikanan air tawar yang lebih besar di Kecamatan Bandar pasir mandoge  khususnya Desa Suka Makmur  yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Pembuatan kolam ikan ini diharapkan bisa menjadi pelopor untuk pengembangan ikan air tawar di sini, ”tuturnya.

Selanjutnya Serda L.Siringo juga menyampaikan, untuk bisa memperoleh hasil budidaya lele dan Nila yang baik, kunci utamanya terletak pada pengaturan kondisi air. Dengan suhu di Kecamatan Bandar pasir Mandoge  yang sering naik turun secara drastis antara siang hari dan malam, perlu perlakuan khusus supaya kondisi kolam tetap stabil agar menggunakan bahan alami yang disebut natural water system yakni hanya menggunakan detak, ragi tape, probiotic dan dolomit yang diracik sedemikian rupa sehingga bisa membuat lele berkembang dengan baik. Ujarnya.

Kegiatan Babinsa merupakan suatu wujud kepedulian TNI Angkatan Darat (AD) membantu masyarakat khususnya para petani untuk wujudkan program swasembada pangan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah, ujarnya.