oleh

Babinsa Koramil 16/PR Serka P. Arief  Hadiri Sosialisasi Pembentukan Kampung KB

-Militer-54 views

Asahan | Babinsa Koramil 16/Pulau Rakyat Kodim 0208/Asahan Serka P. Arief menghadiri Sosialisasi Kampung KB di Kantor Desa Ofa Padang Mahondang Kecamatan Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Sabtu (21/12/2019).

Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis. Ujar Kadis Pengendalian penduduk Kab Asahan.

Camat Pulau Rakyat  juga menyampaikan pembentukan Kampung KB ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Adapun prasyarat wajib pembentukan Kampung KB antara lain tersedianya data kependudukan yang akurat, adanya dukungan dan komitmen pemerintah daerah, dan partisipasi masyarakat yang berpartisipasi aktif.

Lanjut pelaksanaan kegiatan di Kampung KB yang dibentuk meliputi kependudukan, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga (pembangunan keluarga), dan juga kegiatan lintas sektor seperti kegiatan di Bidang Pemukiman, Sosial Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan sebagainya yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah Kampung KB. Ujarnya

Pada kegiatan tersebut peserta juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab dan diskusi terkait program Kampung KB.

Adapun yang hadir Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Kab Asahan, Camat Kamopung rakyat, Kepala Desa Ofa Padang Mahondang, Babinsa koramil 16/PR, Tim Sosialisaai dari KB Kab. Asahan, Masyarakat Desa Ofa Mahondang  70 Orang.