oleh

Babinsa Koramil 16/Pulau rakyat  Damaikan Warga Bertengkar Gara-gara Jualan

-Militer-46 views

Batu Bara  |  Babinsa koramil 16/Pulau Rakyat Kodim 0208/Asahan Serda Ilham S Koto bersama Kades Aek Loba membantu menyelesaikan permasalahan perselisihan antara Ibu Risma Sidabariba dan Ibu Harpita Dewi NST tentang adanya berjualan di SD Inpres 01554 di Kelurahan Aek Loba Pekan untuk masyarakat Desa Aek Loba dan kedua belah pihak sudah melaksanakan perdamaian di Desa Aek Loba Kecamatan Aek Kuasan, Jumat (24/01/2020).

Adalah Risma Sidabariba dan Ibu Harpita Dewi NST yang sama berjualan di SD Inpres langsung menghubungi Babinsa Serda Ilham S Koto. Langkah ini dilakukan Kades, karena situasi kian memanas, dan Para Tetangga yang berupaya melerai mengalami kesulitan. “Saat itu, saya sedang berada di kota  Asahan di kesatuan. Tapi begitu ditelepon dan mengabarkan bahwa di desa tempat saya bertugas itu terjadi pertengkaran, saya langsung menuju ke TKP,” katanya.

Serda Ilham S Koto menuju tempat kejadian perkara bersama Kades Aek Loba, Sesampainya di tempat kejadian perkara, Babinsa ini langsung mengamankan para pihak yang bertengkar dan membawa mereka ke Balai Desa. “Nah, berkat upaya kami dibantu tokoh masyarakat setempat dan aparat desa, serta kerabat dari kedua belah pihak, akhirnya mereka bisa didamaikan,” tuturnya Serda Koto  sebagaimana disampaikan dalam rilis itu.

Komandan Kodim 0208/Asahan  Letkom Inf Sri Marantika Beruh  menyatakan, kejadian seperti di  Desa Aek Loba Kecamatan. Aek Kuasan itu, selama ini sering terjadi di sejumlah desa di AekKuasan. Pemicunya memang sepela, namun, jika tidak diantisipasi bisa memicu terjadinya pelanggaran hukum, atau tindak pidana. “Makanya, kami menekankan kepada Babinsa agar upaya pencegahan dan penyadaran kepada masyarakat dikedepankan,” katanya.

Ia juga mengimbau, agar masyarakat tidak bermain petasan, karena jenis mainan itu sangat berbahaya, dan tergolong mainan terlarang.