oleh

Babinsa Koramil 16/Pulau Rakyat Ikut Membantu Proses Penyembelihan Hewan Qurban

-Militer-1 views

Asahan  |  Bintara Pembina Desa Koramil 16/Pulau Rakyat jajaran Kodim 0208/Asahan Kopda Hardianto turut serta melaksanakan kegiatan membantu masyarakat melaksanakan pemotongan hewan Qur’ban berupa sapi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mushola Jami Dusun 2, Desa Pulau Rakyat Tua, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Sabtu (01/08/2020).

“Penyembelihan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melaksanakan perintah Allah SWT agar menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul adha, “Hukum melaksanakan kurban pada dasarnya adalah sunnah muakkad (sunnah yang diutamakan). Artinya, ibadah kurban sangat dianjurkan bagi setiap umat Muslim yang mampu (finansial),” jelas Kopda Hardianto.

Nantinya, lanjutnya lagi, hewan kurban yang sudah disembelih akan dibagikan kepada orang-orang sekitar dan sebagian lagi disedekahkan dengan mekanisme diantar ke rumah masing masing sesuai instruksi Walikota Surakarta sebagai upaya pencegahan Pandemi Covid19 ini. “Adapun orang – orang yang boleh menerima daging kurban diantara adalah shohibul kurban ( orang yang berqurban ), sahabat, rekan dan tetangga serta fakir dan miskin,”ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan Kopda Hardianto sebagai upaya membina hubungan silahturahmi antara Koramil 16/PR dengan masyarakat agar tercipta keharmonisan dan keakraban serta tercipta Kemanunggalan TNI-Rakyat. “Salah satu tugas yang dilaksanakan oleh Babinsa adalah ikut serta berperan aktif memberikan pendampingan dan membantu pelaksanaan pembagian daging pada Idul Adha Tahun 1441 H / 2020 M agar berjalan dengan tertib dan lancar” tutup Babinsa.