oleh

Babinsa Koramil 17/DB Bersama Pegawai Pos Kesehatan Sosialisasi STBM

-Militer-99 views

Tanjung Balai   |   Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Datuk Bandar Serda H.J. Tampubolon dan Serda Fahri Tanjung bersama Pegawai Pos Kesehatan Kelurahan Selat Tanjung Medan An. Ibu Kiki melaksanakan Sosialisasi Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) guna menunjabg kebersihan dalam Buang Air Besar Sembarangan ( BABS ) di Lingkungan V Kelurahan Selat Tanjung Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjung Balai, Rabu (16/10/2019).

 

Sehubungan acara tersebut pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan untuk mendorong perubahan perilaku higienis dan sanitasi individu dan masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan,pola pikir,perilaku dan kebiasaan individu dan masyarakat, tegas Serda H.J. Tampubolon.

 

Untuk mengatasi dan menanggapi masalah prilaku masyarakat yang masih mempunyai kebiasaan BABS (Buang Air Besar Sembarangan), tentunya dengan perilaku tersebut dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang dapat merugikan kesehatan masyarakat.

 

Dalam hal ini Ibu Kiki  memperkenalkan kembali pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat(STBM). Pendekatan STMB ini merupakan pendekatan yang digunakan untuk program sanitasi nasional sesuai peraturan Mentri Kesehatan (Pemerkes No. 3 Tahun 2014) yang telah terbukti efektif meningkatkan akses sanitasi dan menghilangkan praktek BABS di banyak daerah dengan program mendukung jambanisasi yang digalakan oleh para Babinsa di Desa-desa di wilayah Jajaran Kodim 0208/Asahan Korem 022/PT.