oleh

Babinsa Koramil 17/Sidamanik  Bantu Olah Lahan Pertanian

-Militer-268 views

 

 

Simalungun   |  Koramil 17/Sidamanik  Kodim 0207/Sml Korem 022/PT Serka M Idrus dalimunte membantu pengolahan lahan ibu Sartina luas 6 rante nagori  Manik maraja kecamatan  Sidamanik kabupaten Simalungun , Selasa (27/08/2019).

 

“Guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada percepatan masa tanam ke dua pada 2019, Saya selaku Babinsa di Koramil 17/Sidamanik membantu warga membajak sawah di Desa/ nagori  Manik maraja,” kata Serka M Idrus dalimunte

 

Pengolahan dam penyiapan lahan tanam milik ibu Sartina anggota Kelompok Tani , bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Dengan begitu gulma akan mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi lebih baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air sehingga dapat menghemat air.

 

Selain pengolahan tanah sawah ini, dilakukan juga perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Pematang (galengan) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.