oleh

Babinsa Nagori Tanjung Maraja Bersamama Tim Satgas Covid-19 Cek Isolasi Warga

-Militer-5 views

Simalungun  |  Personel Bainsa Koramil 10/Balimbingan jajaran Kodim 0207/Simalungun  Sertu Sutopo melaksanakan kegiatan pendampingan terhadap warga Nagori Tanjung Maraja pasien PDP yang selesai sudah isolasi mandiri di rumah  selama 14 hari yang dilaksanakan bertempat di Nagori Tanjung Maraja Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi Kabupaten Simalungun, Selasa (09/06/2020).

Sertu Sutopo  mengatakan jangka waktu isolasi mandiri tersebut adalah 14 hari. “Lakukan self-isolate, gunakan masker yang benar, lakukan social distancing (jarak sosial), tidur sendiri dulu, tidak berbagi alat makan dan minum, segera cuci alat makan tersebut dengan sabun cuci,” katanya.

Masa penularan virus corona adalah dua sampai 14 hari sampai muncul gejala. “Artinya, orang itu bisa tetap merasa sehat meskipun ternyata terinfeksi Covid-19. Jika dalam masa isolasi mandiri ini seseorang tetap pergi ke mal, tempat rekreasi, atau rumah saudara, maka ia bisa menularkan virus ke orang lain. “Kalau dia masuk (kerja atau sekolah) setelah hari ke-15 setelah isolasi 14 hari, jadinya percuma saja. Tidak ada gunanya,” ucap Sertu Sutopo.

Pemantauan selama 14 hari ini menjadi masa krusial. Kalau ada gejala virus corona, apalagi yang akut, bisa segera ditangani dan penularannya terhenti, imbuhnya.

Turut hadir  dalam kegiatan sbb Tim Medis Puskes Jawa Maraja  Bah Jambi Kapus dr. Jeri Arwan. Camat Jawa Maraja Bah Jambi Bapak Rasid  Sinaga. Babinsa Koramil 10/Blb Sertu Sutopo,Pangulu Tanjung Maraja Bapak  Marsi Manik.