oleh

Babinsa Ramil 13/BP  Bantu Petani Basmi Hama Keong di Di Desa Bangun Sari

-Militer-57 views

Asahan  |  Ketahanan  pangan yang diprogramkan pemerintah RI sedang dilaksanakan Babinsa Koramil-13/Buntu Pane kodim 0208/Asahan Serda Toni Suwandi membantu pendampingan mencari Hama Keong di sawah Bapak  Suparlan Nama Poktan Lohjena Ketua Poktan  Sugeng Luas sawah   8 rante Umur padi   38 hari Di Desa Bangun Sari Kecamatan. Setia Janji, Kamis (19/12/2019)

Sebagaimana dikatakan Serda Toni Suwandi ia bersama kelompok tani membrantas Hama jenis Keong yang selama ini cukup mengganggu tanaman padi dan petani cukup dibikin resah akibat hama tersebut.

Berbagai upaya dilakukan oleh Babinsa dan petugas PPL bersama petani untuk membendung serangan hama keong seperti dengan melakukan penyemprotan membasmi telur keong, menjaga dan mengontrol debit air sawah agar tidak tinggi, membuat penghalang saluran air agar hama keong tidak menyebar ke petak sawah lainnya dan meletakan daun pepaya atau daun talas agar hama keong tersebut berkumpul di satu tempat sehingga memudahkan kami untuk mengambil hama keong tersebut.

Menurut Serda Toni Suwandi musim tanam ke dua kali ini untuk keseterdiaan air cukup karena aliran irigasi dan curah hujan masih ada. Akan tetapi yang dikeluhkan para petani adanya gangguan hama keong mas yang memakan tanaman padi yang baru di tanam sehingga bibit padi pada mati dan petani harus menanam dua kali.

Menurut pemilik lahan Bapak  Suparlan mengatakan dengan kehadiran para babinsa membantu petani sangatlah bermanfaat karena bukan hanya teori saja yang ia kerjakan tapi nyata dilaksanakan dilapangan.