oleh

Begitu Kompak, Babinsa 01/Medang Deras Bersama Warganya Saat Membersihkan Saluran Irigasi

-Militer-68 views

 

 

Batu Bara   |   Ininya, kehadiran kita bersama masyarakat untuk terus menjalin komunikasi yang baik, antara kami dan masyarakat. Jadi dengan seperti ini, semua masalah bisa diketahui,  peduli dengan kondisi saluran irigasi untuk pengairan sawah milik petani. Kita akan terus bantu petani, apapun bentuknya akan kita bantu, semua petani yang ada di wilayah binaannya, terus menanam padi, agar tercapai progaram sswasembada pangan secara nasional, terang Babinsa Koramil 01/Medang Deras Serda Herianto.

Gotong royong dengan membersihkan saluran irigasi tersebut untuk memperlancar jalannya air kelahan pertanian masyarakat setempat. Dalam hal ini Babinsa Koramil 01/Medang Deras Serda Herianto Kodim 0208/Asahan mengajak seluruh masyarakat warga binaannya untuk melaksanakan pembersihan tersebut yang terletak di Desa Pakam Raya Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Selasa (05/11/2019).

Gotong royong tersebut juga dihadiri Kepala Desa Pakam Raya bersama para petani yang selama ini aktif menggunakan saluran irigasi tersebut untuk mengairi sawah mereka pada musim tanam.

Di sela-sela gotong royong, Kades Pakam Raya menyampaikan kondisi saluran air ini sudah ditumbuhi rumput dan lumpur yang mengakibatkan saluran irigasi menjadi dangkal sehingga perlu dilakukan pembersihan untuk kelancaran air irigasi menuju lahan pertanian masyarakat. “Gotong-royong ini dilakukan oleh warga dibantu Babinsa sehingga sangat efektif untuk mempercepat proses pengerjaannya”, ujar Kades.

Terpisah, Danramil 01/Medang Deras Kapten Inf A. Zebua mengatakan kegiatan yang dilakukan Babinsanya tersebut sebagai bagian dari kegiatan Upsus swasembada pangan seperti yang dicanangkan Pemerintah melalui program Nawacita. “Hingga hari ini, satuan Kodim selaku pelaksana satuan teritorial di tingkat daerah masih tetap konsent terhadap program Nawacita khususnya swasembada pangan mengingat adanya MoU antara pimpinan TNI dengan Menteri Pertanian”, jelas Danramil.