oleh

Bercocok Tanam, Babinsa Koramil 17/Datuk Bandar Bantu Warga Bersihkan Lahan Tanaman Palawija

-Militer-34 views

Tanjung Balai  |  Babinsa Koramil 17/Datuk Bandar jajaran Kodim 0208/Asahan Serma Syaiful Zuhri turun langsung melaksanakan kegiatan membantu masyarakat membersihkan tanaman palawija jenis sayuran Pari di ladang Pak Misno bertempat di Jalan Bandar Jepang  Lingkung  VI  Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, Sabtu (08/02/2020).

Wilayah Kelurahan Sijambi yang subur membuat sebagian besar warga membudidayakan tanaman sayuran seperti pare, selain untuk bisa untuk dikonsumsi juga bisa dijual ke pasar, tanaman sayur yang ditanam kali ini diantaranya Pare, Daun Ubi, Jagung dan Kacang Tanah.

Pak Misno merupakan seorang petani yang gigih dan rajin di desanya selain menanam padi di sawah juga rajin dalam menanam palawija seperti Pare,sayur-sayuran dan kacang tanah, luasnya 2 ha, tanaman tersebut  sekarang sudah berusia 30  hari, ungkap Babinsa.

Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral. Beberapa vitamin penting yang terkandung di dalam sayuran seperti vitamin A yang berasal dari Karotin berguna untuk kesehatan mata. Lalu ada mineral penting, seperti zat besi yang berguna untuk menjaga kadar Haemoglobin darah. Sayuran juga merupakan sumber serat yang amat dibutuhkan bagi pencernaan.

Menyadari akan pentingnya manfaat dari sayur mayur inilah, Serma Syaiful Zuhri  tak bosan memberikan pengertian kepada warga binaannya agar senantiasa mengkonsumsi sayur sesuai kadar yang dibutuhkan serta membudidayakan komoditi sayuran di lahan-lahan mereka. “Tidak hanya dikonsumsi saja, tanaman sayur ini jika di budidayakan dengan benar juga akan menghasilkan income tersendiri bagi para petani,” kata Serma Syaiful Zuhri.

Untuk itu, melalui upayanya membantu warga terjun langsung ke lahan seperti ini, diharapkan warga akan tergugah untuk secara ulet menanam tanaman sayuran, ujar Pak Babinsa.