oleh

Binter Terpadu, Kodim 0204/DS Gelar Sarasehan Kebangsaan

-Militer-342 views

 

 

Deli Serdang   |  Kodim 0204/DS menggelar kegiatan sarasehan kebangsaan program pembinaan terpadu dengan mengusung tema ‘Mari Merajut Persatuan, Membangun Sinergitas untuk mewujudkan Indonesia Maju’.  Acara yang berlangsung di GOR Pemkab Deli Serdang Desa Tanjung Garbus 1/Tanjung Sari, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang tersebt dibuka oleh Dandim 0204/DS, Letkol Inf Syamsul Arifin ini dihadiri, Wasev/Staf ahli Pangdam I/BB bidang Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi Kol Inf Martohap Simorangkir, Wakil Bupati Deli Serdang H.M.Ali Yusuf Siregar, Kabag Ops Polres Deli Serdang, Kompol Pol B.Rubianto, Wakil Ketua DPRD Deli Serdang Amit Damanik, Kajari Deli Serdang Harli Siregar SH,M.Hum, Kaban Kesbangpol Kabupaten Deli Serdang, Togar Panjaitan, Kasdim 0204/DS, Inf Muhsin,S.Ag serta para Danramil/Kapolsek dikawasan Deli Serdang, serta tokoh agama dan masyarakat, Selasa (19/11/2019).

Dalam sambutan, Dandim 0204/DS, bahwa kegiatan ini merupakan sarana silaturahmi dengan masyarakat, menyebutkan kegiatan ini selaras dengan kebijakan Presiden Joko Widodo dalam memajukan dan mesejahterakan masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Wabup Deliserdang, Ali Yusuf Siregar mengatakan dengan kegiatan ini semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta mewaspadai aksi-aksi yang ingin memecah belah yang selama ini telah terjaga. Ia juga menyampaikan rasa keprihatinannya melihat maraknya potensi perpecahan komponen bangsa Indonesia yang terjadi saat ini seperti politik identitas yang membuat seseorang atau kelompok menyerang kelompok lainnya. Kecenderungan konsentrasi untuk mencari menang bukan mencari yang terbaik sikap yang lebih cenderung individualistik dari pada kebersamaan radikalisme, adu domba dan maraknya berita berita hoax yang akhir-akhir ini menjadi semakin merajalela.

Untuk menyikapi situasi yang demikian, lanjutnya lagi perlu sebuah gerakan bersama untuk lebih mengedepankan dialog, menjunjung tinggi kebersamaan dan menghargai kebhinekaan dalam bingkai NKRI. Senada dengan yang disampaikan, Kajari Deli Serdang, Harli Siregar yang menyampaikan dalam pengawal pembangunan tersebut tentunya perlunya pengawasan agar anggaran yang dianggarkan tepat pada sasaran.

Diantaranya, program penegakan dan pencegahan yakni melalui Luhkum/penkum, pelayan publik berbasis elektronik, Optimilisasi PAD, Penguatan APIP, Bankum/Yankum, Timkum, Gakkum dan Tinkum. Sedangkan program pemberantasan yakni, upaya ultimum Remedium, kordinasi aparat penegak hukum dan penyelamatan kerugian negara (Aset Recovery). Diakhir acara dilaksanakan dooprize kepada para peserta.