oleh

Ciptakan Lingkungan Sehat Babinsa Pulau Rakyat Dukung STBM

-Militer-118 views

 

 

Asahan   |  Babinsa Koramil 16/Pulau rakyat  Kodim 0208/Asahan Kopda Hardianto  Melaksanakan Rapat  ADVOKASI STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ).Di desa Lobu Jiur. Senin (7/10/2019)

 

Sosialisasi STOP BABS yang dihadiri kepala Puskesmas, Fasilisator STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Dinas Kesehatan dan warga masyarakat desa Lobu Jiur ini untuk mensosialisasikan Stop Buang Air Besar Sembarang dengan tema ” Mari Kita Bebaskan Desa Kita dari Buang Air Sembarangan”.

 

Sementara itu Kopda Hardianto  dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kami sangat mendukung sekali dengan adanya sosialisasi STOP BABS ini, hal ini sudah kami laksanakan dengan karya bakti pembuatan jamban untuk warga yang belum punya jamban, dan  kami siap bekerjasama dengan dinas kesehatan Kab. Asahan  dalam menyukseskan program tersebut, tegasnya.

 

STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)  memiliki 6 (enam) strategi nasional, yaitu: Penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment), Peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation), Peningkatan penyediaan sanitasi (supply improvement) Pengelolaan pengetahuan (knowledge management), Pembiayaan, Pemantauan dan evaluasi.

 

Sedangkan keunngulannya adalah Satu-satunya program yang mengusung non subsidi untuk pembangunan sarana jamban tingkat rumah tangga. Sampai saat ini masih menjadi program sanitasi yang terbukti paling cepat meningkatkan akses sanitasi dan perubahan perilaku higiene di Indonesia, STBM adalah satu-satunya program sanitasi yang menyasar langsung ke tingkat rumah tangga dan STBM berfokus pada perubahan perilaku, bukan pembangunan sarana. Dan pembuatan Jamban menyampaikan bahwa program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) selaras dengan program TNI-AD yaitu Karya Bakti Pembuatan Jamban yang selama ini sudah  dikerjakan oleh TNI-AD melalui satuan-satuan teritorial yang ada di seluruh wilayah Indonesia.pungkasnya.