oleh

Danramil 02/ST Hadiri Ulang tahun Shree Guru Nanak Devji Gurdwara di Kelurahan Pahlawan.

-Militer-78 views

Pematang Siantar  |  Komandan Koramil (Danramil) 02/Siantar Timur jajaran Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf D. Sembiring menghadiri acara ulang tahun Shree Guru Nanak Devji Gurdwara yang dilaksanakan bertempat di jalan Thamrin Kelurahan Pahlawan Kecamatan Siantar Timr Kota Pematang Siantar, Kamis (26/12/2019).

Pada abad ke-14 India mengalami gejolak spiritual. Keruntuhan Dharma, membuat masyarakat percaya akan datang utusan baru yang akan membuat nilai-nilai spiritual kembali bercahaya.

Sebuah aliran barupun lahir. Agama Sikh. Yang dibawa oleh Guru Nanak Dev. Bagi pengikut Sikh, Nanak Dev adalah sang utusan. Pembawa dharma layaknya nabi seperti Isa dan Muhammad. Di India sendiri dharma merupakan sebuah kesadaran akan keberadaan realitas universal, Tuhan, dan hukum universal (universal order) semisal hukum yang mengontrol dan mengatur alam dan manusia.

Para utusan seperti ini telah muncul di dunia ini dari waktu ke waktu. Bagi Sikh Guru Nanak adalah utusan tuhan yang membawa dharma baru.

Sikh kerap identik dengan perpaduan antara dua keyakinan antara Islam dan Hindu. Ini lantaran Nanak Dev, pendiri Sikhisme, banyak menyerap ide atau nilai-nilai kepercayaan dari agama lain. Termasuk konsep sufi di Islam. Di sisi lain sikhisme yang diajarkan Nanak Dev juga tetap melandaskan dasar pemikirannya dari akar kultural masyarakat India yang mayoritas penganut Hindu.