oleh

Danramil 08/PB Dan Up Pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71 Tahun 2019 di Tanjung Balai

-Militer-49 views

Tanjung Balai  |  Komandan Koramil 08/Pulau Buaya Kapten Arm Viktor Hutagaol sebagai Komandan Upacara pada pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71 Tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Kantor Wali Kota Tanjung Balai, Kamis (19/12/2019).

Pada pelaksanaan Upacara tersebut, Pembina Upacara dalam amanatnya membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Dalam Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019, mengatakan Salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna.

Inilah landasan prioritas bela negara untuk pembanguan SDM unggul yang diarahkan kepada perwujudan Manusia Indonesia Paripurna berdasarkan Pancasila. pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian / Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia.

Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat adil dan makmur.

Tanpa sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa. Dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan public. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita, jadikan bidang profesi masing-masing sebagai lading bela negara. kata Wali Kota Tanjung Balai membacakan amanat dari Presiden RI.