oleh

Danramil 14/Raya Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Silaturahmi Dengan Kalapas Diwilayah Simalungun

-Militer-153 views

Simalungun  |  Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme serta Narkoba, meneguhkan toleransi mencegah peredaran Narkoba dikalangan Lapas serta Radikalisme/Separatisme, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 14/Raya Kapten Arm Muslimin Saragih, SE., turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Silaturahmi dengan Kalapas yang baru Bapak Sopian beserta Staf dalam rangka untuk bekerjasama dalam tugas dan keamanan tentang Narkoba di wilayah Kecamatan Raya dan dilanjut memonitoring Pelaksanaan Vaksin Bagi warga Binaan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapas Narkotika Kelas II A Kelurahan Pamatang Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, Rabu (02/03/2022).

Pada kesempatan tersebut Danramil 14/Raya Kapten Arm Muslimin Saragih, SE, mengatakan maksud dan tujuan mengapa kita harus tahu dan mengerti tentang akibat bahaya dari Narkoba adalah Narkotika bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis dapat menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, hingga kematian. Sejumlah bahaya narkoba yang ditimbulkan juga tergantung pada seberapa banyak dan sering, hingga bagaimana cara menggunakannya, terangnya.

Menurut Undang Undang Narkotika pasal 1 ayat 1, narkotika merupakan zat buatan yang berasal dari tanaman dan memberikan efek halusinasi, penurunan kesadaran, hingga kecanduan. Di tahap kecanduan, kondisi tersebut terjadi jika narkoba dipakai secara berlebihan. Awal mulanya narkotika berfungsi sebagai obat penenang atau penghilang rasa nyeri di dunia medis. Penyalahgunaan zat tersebut dinilai melanggar fungsinya, dan bisa terkena sanksi hukum. Untuk lebih jelasnya, berikut ini bahaya narkoba, dan beberapa penyebab pemicu kecanduan, terang Danramil.

Untuk itu lanjut Danramil, kita jangan pernah mencoba menggunakan narkoba atau narkotika, kecuali untuk alasan pengobatan serta terapi, mencari tahu tentang apa itu narkoba serta dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh, memilih lingkungan pergaulan yang baik, melakukan berbagai kegiatan positif, seperti belajar ataupun berolahraga, gunakan waktu luang untuk bersantai bersama keluarga, belajar, berolahraga ataupun melakukan kegiatan positif lainnya,. Jika memiliki permasalahan, jangan gunakan narkoba sebagai pelarian atau jalan keluarnya, tutup Danramil.

Berita Lainnya