oleh

Danramil 19/Negeri Dolok Tinjau Pasar Tradisional Negri Dolok Antisipasi Penyebaran Virus Corona

-Militer-1 views

Simalungun  |  Komandan Koramil (Danramil) 19/Negri Dolok jajaran Kodim 0207/Simalungun Lettu Inf Mulyono beserta beberapa orang Babinsa melaksanakan tinjauan ke pasar tradisional negri Dolok dalam rangka sosialisasi tentang protokol kesehatan kepada para penjual dan pembeli yang dilaksanakan bertemoat di Pekan Nagori Dolok Kecamatan Negri Dolok Kabupaten Simalungun, Kamis (28/05/2020).

Beragam upaya dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumut Kususnya Kabupaten Simalungun  guna mencegah kerumunan di pasar tradisional maupun modern jelang hari raya Idulfitri. Mulai dari konsisten sosialisasi penerapan protokol kesehatan, pengawasan lapangan, sampai penyediaan wastafel portabel.

Penguatan koordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten/Kota pun dilakukan. Sebab, kata Lettu Inf Mulyono didampingi Kapolsek , Gugus Tugas Kabupaten/Kota memiliki kewenangan penuh terkiat kondisi perdagangan di daerahnya. Salah satunya adalah kebijakan waktu operasional pasar tradisional maupun mal selama pandemi COVID-19.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Simalungun  pun menyalurkan sekitar beberapa  wastafel portabel ke sejumlah pasar tradisional, supaya pembeli dan pedagang mudah mencuci tangan dengan sabun sebelum melakukan transaksi.  “Kepada pengelola pasar, kami meminta mereka melakukan patroli. Pengelola pasar diberikan bantuan berupa pengeras suara untuk berkeliling dan mengimbau pedangan dan pembeli di pasar untuk tepat jaga jarak. Di beberapa pasar, mereka mengatur waktu berjualan dan bergantian,” kata Danramil.