oleh

Danrem 022/Pantai Timur  Kolonel Inf  Asep Nugraha   S.E.,M.Si  Pimpin Sertijab Dandim 0203/Langkat

-Militer, Persit-43 views

Pematang siantar –  Komandan Korem 022/Pantai Timur  Kolonel Inf  Asep Nugraha   S.E.,M.Si memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Kodim 0203/Langkat  dari Letkol Inf Bachtiar Susanto Kepada Letkol Inf Wisnu Joko Saputro., yang berlangsung di Aula Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kecamatan Siantar State Kabupaten Simalungun,  Senin (01/02/2021).

Dalam amanatnya Danrem 022/PT Kolonel Inf  Asep Nugraha   S.E.,M.Si menyampaikan,Bahwa mari kita pahami bersama tentang pergantian pejabat dan mutasi personel di lingkungan Kodam I/BB, khususnya di Korem 022/PT ini, sebagai bentuk realisasi dari kebijakan pimpinan TNI AD dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi, guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk melaksanakan tugas pokoknya.  Oleh karena itu, serah terima jabatan ini hendaknya kita sikapi dengan arif dan bijak, diikuti tekad yang tinggi untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi, dengan memberikan pengabdian terbaik sesuai fungsi, peran dan tugas pokok  yang diamanahkan.

 

Kita ketahui bersama, bahwa Kodim 0203/Langkat memiliki wilayah yang cukup luas, dengan potensi dan sosial budaya yang cukup besar serta secara demografis masyarakatnya cukup heterogen, baik dilihat dari suku maupun agama. Dengan kondisi wilayah seperti itu, membuka peluang bagi masyarakatnya untuk melakukan mobilitas dengan cepat, sementara di sisi lain di tengah kehidupan masyarakat akan berlangsung dinamika sosial yang cukup tinggi, sehingga kondisi yang demikian itu sangat rentan terhadap berbagai permasalahan, baik di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, maupun kemanan. Tentunya spektrum ancaman tersebut hanya bisa diatasi ketika kita selalu bersinergi dengan semua komponen masyarakat dalam mengatasi dinamika yang terjadi untuk menjaga stabilitas agar tetap kondusif.

Oleh karena itu, kepada Komandan Kodim 0203/Langkat yang baru, saya minta untuk meningkatkan kerjasama dan membina koordinasi yang lebih baik lagi dengan Pemerintah Daerah, Polri dan semua lapisan masyarakat dalam mengambil langkah-langkah dalam meyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi, kemudian hindari konflik sekecil apapun dengan semua pihak termasuk dengan masyarakat.

Selain itu, kita juga harus menyadari, bahwa secara internal kita harus terus melakukan evaluasi pelaksanaan tugas, karena masih banyak persoalan yang kita hadapi. Secara jujur harus kita akui bahwa ditengah kesibukan kita melaksanakan tugas, masih terdapat berbagai pelanggaran yang dilakukan oknum prajurit, seperti desersi, asusila dan narkoba serta pelanggaran lainnya.

Untuk itu, saya mengingatkan kepada para Komandan Satuan dan seluruh unsur pimpinan, agar melakukan pembinaan kepada seluruh prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil dan keluarganya disatuan masing-masing, sehingga dapat terhindar dari berbagai dampak negatif yang dapat merusak tatanan dan nilai-nilai moral keprajuritan.  Tradisikan semangat kepedulian untuk saling mengingatkan, agar prajurit tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun.

Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada  Letkol inf Bachtiar Susanto beserta istri, atas dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini dan telah mencurahkan segala pemikiran dan karya nyata selama menjabat sebagai Komandan Kodim 0203/Langkat. Semoga berbagai hal positif yang telah dicapai selama ini dapat dijadikan bekal untuk melanjutkan tugas dan pengabdian di tempat yang baru.

Selanjutnya, saya sampaikan selamat datang di Korem 022/Pantai Timur dan selamat bertugas sebagai Komandan Kodim 0203/Langkat kepada Letkol Inf Wisnu Joko Saputro beserta istri.

Laksanakan tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya, segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi tugas yang baru serta pelajari karakteristik lingkungan secara menyeluruh, kemudian lanjutkan dan sempurnakan hal-hal positif yang telah dilakukan oleh pejabat lama, sehingga kinerja satuan ini dapat terlaksana dengan lebih baik lagi.

Sebelum mengakhiri sambutan Danrem 022/PT  menyampaikan beberapa pesan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas sebagai berikut :

Pertama, tingkatkan profesionalisme dan militansi prajurit dalam menjalankan tugas, sehingga tugas apapun yang diberikan dapat diselesaikan dengan tuntas dan sukses.

Kedua, bangun kebersamaan dan komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat. Hindari terjadinya konflik, baik dengan masyarakat maupun satuan tetangga.

Ketiga,  hidupkan “tradisi siaga” sebagai menu pokok  prajurit, agar kesiapsiagaan satuan tetap tinggi dalam mengantisipasi perkembangan situasi.

Keempat, pelihara kesegaran jasmani, baik secara perorangan maupun  dalam satuan,  guna mendukung tugas pokok Korem 022/Pantai Timur, khususnya Kodim 0203/Langkat ke depan.

Turut hadir pada acara tersebut, Kasrem 022/PT, Para Kasi Korem 022/PT, Para Dandim Jajaran Kodim 022/PT, Danyonif 126/KC, Dansatdisjan Korem 022/PT, Kapenrem 022/PT dan Prajurit serta Ketua Persit KCK Koorcab Rem 022 PD I/BB dan penggurus Persit KCK Koorcab Rem 022/PT.