oleh

Danrem 022/PT bersama Forkopimda Kota P.Siantar  Hadiri Acara Peresmian Kampung Pancasila Kota Pematang Siantar

-Militer-131 views

P.Siantar – Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Luqman arief  SIP bersama dengan Forkopinda P.Siantar  menghadiri kegiatan peresmian kampung pancasila di wilayah Kecamatan  Siantar Barat Kota P.Siantar. Sumut.Kamis (10/3/2022).

Kegiatan peresmian Kampung Pancasila yang dipusatkan di Kelurahan Timbang Galung Kec. Siantar Barat Kota Pematangsiantar.        Turut dihadiri oleh Walikota Pematangsiantar yang mewakili, Dandim 0207/Simalungun,  Kapolres P.Siantar, Anggota DPR RI Bapak Haji Irmadi Lubis, Forkopimda P.Siantar, Forkopimcam  Siantar Barat, Ketua FKUB P.Siantar, Ketua MUI Kota P.Siantar, Ketua FKPPI Kota P.Siantar, Ketua PPM Kota P.Siantar, Ketua HIPAKAD Kota P.Siantar,  Tokoh Masyarakat dan Mahasiswa.

Danrem 022/PT  Kolonel Inf Luqman arief  SIP  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi atas Peresmian Kampung Pancasila ini.  Peresmian Kampung Pancasila ini merupakan langkah yang sangat positif, karena memiliki potensi besar sebagai contoh terlaksananya toleransi dan wujud Bhinneka Tunggal Ika, sehingga mampu merekatkan  persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman suku, ras, agama maupun budaya.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu, sebagai warga negara diminta untuk menumbuhkan dan mengimplementasikan makna Pancasila dalam kehidupannya. Hal ini penting, mengingat saat ini bangsa kita kerap diguncang oleh isu-isu yang merujuk pada perpecahan, seperti banyaknya berita-berita hoaks, permusuhan dan provokasi yang dimanfaatkan untuk menyebarkan paham intoleransi dan terorisme. Hal ini tentunya dapat melemahkan nilai Pancasila, khususnya Sila Ketiga Persatuan Indonesia.Ucap Danrem

lanjutnya Dengan adanya Pancasila, maka setiap warga negara tidak akan mudah digoyahkan oleh berbagai isu-isu yang menyesatkan, terutama paham radikal yang berkedok agama dan paham-paham yang mencoba menggeser Pancasila sebagai dasar negara. Padahal Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran agama apapun, sehingga tidak layak apabila agama dijadikan kedok untuk menggoyahkan Pancasila.

Disinilah diminta, agar masyarakat selalu waspada dari upaya adu domba yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tidak bertanggung jawab tersebut dan harus menyadari bahwa salah satu kekuatan terbesar bangsa ini adalah persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat, Korem 022/PT saat ini tengah menggalakkan Program Kampung Pancasila diseluruh jajarannya. Hal ini merupakan program yang diprakarsai langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat, yang telah menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk membuat Kampung Pancasila di wilayahnya masing-masing, sebagai contoh dalam menegakkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Kampung Pancasila ini nantinya, akan di isi dengan berbagai kegiatan.  Dalam kegiatan tersebut, masyarakat akan diedukasi tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, sehingga Pancasila akan menjadi penumbuh dan penguat jiwa nasionalisme serta jiwa kebangsaan.

Untuk itu, Kampung Pancasila di Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar yang diresmikan hari ini, diharapkan akan menjadi salah satu contoh tauladan bagi kelurahan-kelurahan lainnya di Kota Pematangsiantar dalam penerapan nilai-nilai luhur Pancasila di tengah masyarakat, salah satunya memperkuat sikap toleransi antar umat beragama untuk hidup secara damai tanpa konflik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya