oleh

Demi Kesehatan Warga, Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Berjaga di Pos Pam Disiplin Covid – 19 di Masjid Raya

-Militer-0 views

Asahan  |  Bintara Pembina Desa Koramil 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan Praka Febriyanto ajak para pengurus Masjid Raya untuk turut serta melaksanakan Pos Pam Disiplin Covid – 19 di Masjid Raya. Kegiatan Pos Pam tersebut berlokasi di Masjid Raya Kisaran, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tebing, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sabtu (01/08/2020).

Hal itu dilakukan sebelum persiapan shalat di Masjid Raya Kisaran. Praka Febriyanto mengatakan,” Penerapan protokol kesehatan itu sebagai wujud memenuhi harapan dan kerinduan umat Islam beribadah di Masjid”, Gagasan tersebut dinilai cukup baik dalam upaya antisipasi penyebaran wabah Covid-19 bagi masyarakat di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tebing yang akan menerapkan tatanan normal baru yang aman dari virus Corona (new normal), ucap Babinsa.

Ada sepuluh poin yang harus dipatuhi jamaah yang akan sholat berjamaah di Masjid Raya Kisaran sebagai upaya antisipasi penyebaran wabah Corona.Yakni wajib pakai masker, membawa sajadah dari rumah, berwudhu dari rumah, pemeriksaan suhu tubuh, suhu yang dibatasi lebih kurang 37,3 C, tidak membawa anak-anak, jaga jarak satu meter, jamaah tidak bersalaman. “Tadi kita sudah lihat kesiapan masjid, dengan membuat aturan yang harus dipatuhi jamaah. Semua sudah tersedia sesuai protokol kesehatan Covid-19 dengan menyediakan thermogun, physical distancing juga dijaga, berwudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, dan khutbah hanya sepuluh menit. Ini bisa menjadi role model nantinya bagi Kecamtan dan daerah lain yang bersiap lepas dari PSBB menuju New Normal, Masyarakat mesti terbiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai bagian dari kehidupan baru aman dari virus Covid-19. Baik dalam aktivitas ekonomi, sosial, pekerjaan, dan ibadah berjamaah di masjid, mushalla dan rumah ibadah lainnya di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tebing. Masyarakat sadar dan membudayakan pakai masker, jaga jarak, pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun,” jelas Babinsa Praka Febriyanto.

Camat Kisaran Timur turut mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Babinsa Praka Febriyanto. “Apalagi pihaknya benar-benar telah optimal menyiapkan semua sektor, terutama dari sisi keagamaan dan perekonomian. Terkait pelaksanaan shalat berjemaah, telah mengatur sesuai protokol Covid-19. Pak Babinsa sangat tegas dalam mendisiplinkan warganya, bahkan sampai dengan posisi mimbar di masjidpun diatur supaya ada jarak antara khatib dengan jamaah, jamaah diminta membawa sajadah masing-masing dari rumah. Mereka pun diminta tidak berjabat tangan dan berpelukan”, ungkap Camat.