oleh

Deteksi  Dan Cegah Covid-19, Korem 022/PT dan Satdisjan Gelar Rapid Test Kepada Seluruh Personel, PNS dan Keluarga sebanyak + 1100 orang

-Militer, Persit-65 views

Pematang Siantar  |  Guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 maka Korem 022/PT beserta Satdisjan wilayah Pematangsiantar melaksanakan Rapid Test atau test cepat Covid-19 kepada seluruh anggota TNI, PNS dan Keluarga yang dilakukan oleh Tim Medis dari Rumah Sakit Tentara Pematang Siantar (RST) serta Tim Kesehatan dari Pemkab Simalungun, bertempat di Aula Makorem 022/Pantai Timur, Jalan Asahan Km 3,5 Kelurahan Siantar Estate Kecamatan Siantar Timur Kabupaten Simalungun, Kamis (13/08/2020).

Langkah tersebut dilakukan dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan Makorem 022/Pantai Timur dan Satdisjan wilayah Pematangsiantar.

Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha, S.E., M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tindakan pengamanan personel Korem 022/PT dalam upaya mendeteksi dan mencegah secara dini penyebaran Covid-19 dilingkungan Prajurit agar dapat diambil langkah-langkah lebih lanjut dalam mencegah penyebaran covid-19 khususnya di lingkungan Korem ini, terangnya.

Terkait hal itu, Danrem menekankan agar seluruh personel Makorem dan Satdisjan baik Militer maupun PNS serta Keluarga wajib melaksanakan rapid tes. termasuk Danrem sampai prajurit ataupun PNS paling bawah, sehingga kondisi kesehatan seluruh personel Makorem saat ini terpapar atau tidak terpapar covid-19 dapat diketahui, “Jika hasil rapidnya terkonfirmasi reaktif akan berlanjut ke tes Swab, hasil swabnya terkonfirmasi positif Covid-19 maka akan menjalani perawatan di RST Pematangsiantar,” tegas Danrem.

Lebih lanjut Kapenrem 022/PT Mayor Inf SH Tanjung menjelaskan, terhadap personel yang reaktif akan dilaksanakan pemeriksaan lanjutan atau tes Swab, selanjutnya akan dilakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah terjadi kontak langsung baik dari personel itu sendiri maupun anggota keluarganya, sehingga penyebaran Covid-19 dapat diputus dan tidak menyebar ke masyarakat yang lebih luas, ujarnya.

Kegiatan Rapid Test ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Simalungun Bapak Dr. J.R. Saragih beserta staf.