oleh

Diserang Hama Wereng, Babinsa Koramil 05/Tanjung Tiram Bantu Petani Semprot Padi

-Militer-49 views

Tanjung Balai  |  Maraknya serangan hama wereng di sentra padi desa Durian membuat Koramil 05/Tanjung Tiram  kodim 0208/Asahan Babinsa  Koptu Yosep  mendampingi poktani menyemprot hama wereng milik Bapak Bahrum Sitorus luas 20 rante di dusun Mengkudu Desa Durian Kecamatan  Sei Balai Kota Tanjung Balai, Senin (13/10/2020).

Kali ini Babinsa turut serta ke sawah untuk gencar menyemprot tanaman padi. Kegiatan itu bertempat di lahan milik pak Bahrum Sitorus luas 20 rante di dsn Mengkudu Desa Durian Kecamatan  Sei Balai kota Tanjung balai.

Koptu Yosep  mengatakan, penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat maupun wereng. Selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput  ilalang yang bakal tumbuh di sekitar tanaman padi. ”Inikan termasuk musim penghujan, tentu petani harus waspada adanya hama wereng, tikus hingga belalang di tanaman mereka. Sehingga pemeliharaan tanaman padi ini harus dilakukan secara ekstra keras. Berharap tanaman tersebut tidak mati,” ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin. ”Tak jarang petani malas membersihkan hama rumput. Padahal sebenarnya juga bisa dijadikan pupuk organik jika dikelola dengan baik,” imbuhnya.

Bantuan para Babinsa kepada petani ini dirasakan pak Bahrum Sitorus. ”Kalau memperkerjakan orang biaya upah cukup mahal. Maka dia bersyukur ada bantuan tenaga dan pikiran dari TNI ini. Kami bersyukur ada bantuan ini. Beban kami bisa lebih ringan,” paparnya.