oleh

Diwilayah Binaan Jalin SIlaturahmi Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Lakukan Dengan Cara Komsos

-Militer-1 views

Asahan  |  Untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan warga binaan diwilayah, Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Bandar Pulau jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Irfan Aulia turun kewilayah binaan untuk turut serta melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warga binaan yang dilaksankaan di Warung Bapak Legino, kegiatan Komunikasi Sosialnya tersebut yang dilaksanakan bertempat di Desa Perkb Padang Pulau Dusun 3 Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan, Selasa (01/06/2021).

Dalam kegiatan Komunikasi Sosialnya tersebut dengan memberikan himbauan mengigatkan kepada pedagang senapan angin dan masyarakat desa binaan agar tidak meyalah gunakannya dan menghindarkan dari jangkauan anak-anak. Megantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

Pada kesempatan itu juga Babinsa Serda Irfan Aulia menjelaskan kepada masyarakat bahwasannya senapan angin pada dasarnya termasuk senjata Api/Olah raga. Mengigat ketentuan megenai senapan angin tidak di atur secara tersendiri, maka dasar hukum penyalah gunaan senapan angin, sama dgn dasar hukum penyalah gunaan senjata api pada umumnya.

Sangsi penyalah gunaan senjata api sendiri di atur dalam pasal 1 Undang-Undang Darurat no 12 tahun 1951 tentang mengubah,  Ordonnantietijdelijke Bijzondere Strafbepalingen (Stbl 1948 no 17) dan UU RI Dahulu no 8 thn 1948. Berupa hukuman penjara seumur hidup,atau hukuman penjara sementara maksimal 20 thn.

Dalam Komsosnya tersebut dengan hasil yang dicapai dengan penjelasan Babinsa kepada Masyarakat desa binaan. Masyarakat jdi megerti dan memahami nya dari hal-hal yg dpt melangar hukum Pidana.Dan masyarakat berterima kasih kpd Babinsa.yg sdh mengingatkan.