oleh

Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 01/Siantar Utara Bantu Petani Bersihkan Gulma Padi

-Militer-86 views

Pematang Siantar | Koramil 01/Siantar Utara Kodim 0207/Sml, Korem 022/PT  Serka Sugiarto melaksanakan giat Hanpang mendampingi Kelompok Tani Tambun Mulia, membantu membersihkan rumput yang menggangu tanaman padi milik Bapak Jhonhendry Tambunan, seluas 7 Rante di Kelurahan Tambun Nabolon Kecamatan Siantar Martoba.Rabu (13/11/2019)

Rumput pada tanaman harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik.“Apabila di biarkan maka padi yang ditanam akan lambat perkembangnya. Bapak Bpk Jhonhendry Tambunan menjelaskan, rumput adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam tanaman padi sawah,” katanya.

Persaingan Rumput dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. “Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” jelasnya.

Bapak Jhonhendry Tambunan pemilik lahan sawah yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput di Sela Sela tanaman padi oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih. “Berkat pak Babinsa membantu di sawah saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman penggangu (gulma) bisa tercapai,” tandasnya.