oleh

Dukung Upsus, babinsa Koramil 14/Raya Laksanakan Hanpang tumpang Sari

-Militer-62 views

Simalungun | Wujud kepedulian para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam meningkatkan kesejahteraan petani di wilayah binaan yang juga merupakan tugas pokok, diantaranya yaitu melaksanakan kegiatan Upaya Khusus (Upsus) pengawalan dan pendampingan para petani dalam bekerja sehari – hari di sawah maupun ladang. Hal ini Koramil 14/Raya Kodim 0207/Sml Korem 022/PT Kopda John Ependi Purba melaksanakan pendampingan hanpang tumpang Sari penanaman Jagung milik Saudara Hendra Poktan Sauhur area 10 rante di Nag. Silou buttu Kec. Raya, Selasa (07/01/2020).

Kopda John Ependi Purba mengatakan Tumpang sari (multiple cropping) adalah suatu metodebercocok tanam dengan menanam dua tanaman atau lebih dalam satu lahan dalam waktuyang sama yang diatur dalam bentuk barisan barisan yang rapi. Penanaman denganmetode tumpang sari dilakukan hanya padatanaman yang hanya satu musim panen seperti sayur — sayuran. Tanaman tumpangsari sangat bagus jika dikombinasikan dua tanaman inti dan satu tanaman penolak hamaseperti menamam sayur bayam satu baris, sayur kol satu baris dan ditengahnyanyaditanami daun bawang karena daun bawang dapat menolak hama. Penerepan tumpangsari (multiple cropping) sebaiknya memilikiumur atau periode pertumbuhan yang tidak sama, mempunyai perbedaan kebutuhanterhadap faktor lingkungan seperti air, kelembapan, cahaya dan unsur haratanaman,karena jika memiliki kebutuhan yang sama maka tanaman akan bersaing.

Babinsa juga menambahkan Sistem penanaman  tumpang sari (multiple cropping) memilikikeuntungan selain mengurangi resiko gagal panen sistem tumpang sari (multiple cropping)  juga dapatmengurangi erosi tanah dan kehilangan tanah olah,pemanfaatanlahan kosong disela-sela tanaman pokok, peningkatan produksi total persatuanluas,  menyuburkan dan memperbaiki struktur tanah danjuga dapat memperbaiki tata air dalam tanah-tanah pada lahan yang dilakukanbercocok tanam.ujar Kopda Jhon.