oleh

Hadapi Musim Hujan, Babinsa Koramil 02/Air Putih  Cek Irigasi di Desa Tanjung Kubah

-Militer-196 views

Batu Bara  |  Upaya mengantisipasi debit air yang tinggi di musim penghujan,Babinsa Koramil 02/Air Putih Kodim 0208/Asahan Serda Risman melaksanakan giat pendampingan pok tani membantu warga mengecek pintu air irigasi untuk di alirkan ke lahan persawahan di Desa Tanjung Kubah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Jumat (29/11/2019).

Pengecekan irigasi itu, Babinsa harus mampu memprediksi debit air yang kemungkinan akan tinggi selama musim penghujan, selain itu mampu mencari solusi dan mengatasi apabila debit air secara drastic meningkat yang memungkinkan air tersebut akan merendam lahan sawah di lahan persawahan di Desa Tanjung Kubah, Kec. Air Putih, Kab. Batubara.

“Upaya ini sudah kami lakukan mulai dari pembersihan irigasi, mengecek apakah ada kerusakan di area saluran irigasi dan sampai dengan pengecekan pintu air irigasi yang memang harus siap operasional/harus dalam kondisi baik, sumber air irigasi ini memang berasal dari pegunungan sehingga kami harus betul – betul memperhitungkan debit air yang akan turun sepanjang musim penghujan nanti sehingga kami harus siap dalam mengantisipasinya,”paparnya.

Secara terpisah, Danramil Kapten Kav Iskandar menyampaikan dalam mengantisipasi di musim penghujan tindakan Babinsa bersama kelompok tani memang sudah tepat, dalam hal ini, mengantisipasi merupakan suatu tindak pencegahan sebelum kejadian itu terwujud

Danramil  berharap hal itu dilakukan secara intensif sesuai perkembangan iklim yang terjadi di tiap-tiap daerah, memang selain hama perubahan iklim yang ekstream pun dapat menjadi kendala bagi kelompok tani.