oleh

Hadiri Pembukaan Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Masyarakat di Desa Binaan Oleh Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

-Militer-2 views

Pematang Siantar  |  Personel Bintara Pembina Desa Serda Hendra Pasaribu anggota Koramil 01/Siantar Utara jajaran Kodim 0207/Simalungun turut serta menghadiri undangan Lurah Pondok Sayur dalam rangka giat pembukaan Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Masyarakat, yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan  Pondok Sayur Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar , Rabu (25 /11/2020).

Dalam Sosialisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Terpadu tersebut dihadiri ibu  Lurah   Pondok Sayur, Babinsa Koramil 01/SU dan Dari Dinas Pertanian Siantar. Lurah Pondok sayur  Ibu Aprita Pronika  dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini penting, di mana salah satu tujuan Pemanfaatan Lahan Pekarangan masyarakat  yaitu untuk memenuhi gizi keluarga yang beragam dan seimbang. ”Usaha di pekarangan jika dikelola secara intensif sesuai dengan potensi pekarangan, di samping dapat memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga, juga dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga,” kata ibu  Lurah.

Pantauan di lapangan, “Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga, “Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal,” jelas Lurah pondok sayur.

Lurah Pondok sayur  Ibu Aprita Pronika lebih jauh mengatakan, dengan pemberdayaan PKK untuk melakukan budidaya cabai dan sumber pangan lain pada pekarangan rumah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta meningkatkan pendapatan yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga. Sementara Kadis Tanaman Pangan kota P.Siantar  mengatakan Tujuan dari kegiatan ini adalah memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan, baik di pedesaan maupun di perkotaan dengan memproduksi kebutuhan pangan oleh keluarga dan masyarakat. Dalam sosialisasi itu dijelaskan, bahwa Pemanfaatan Pekarangan yang dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan, sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan beranekaragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga.