oleh

Hama Keong Disawah Warga, Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Turut Bantu Warga Musnahkan

-Militer-34 views

Asahan  |  Bintara Pembina Desa Koramil 13/Buntu Pane Kodim 0208/Asahan Serda Toni Suwandi turtu serta melaksanakan pendampingan membantu petani warga desa binaannya untuk mencari Hama Keong di sawah milik Bapak Hamdani anggota kelompok tani Purwodadi dengan luas 10 rante bertempat di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Jumat (14/02/2020).

“Ancaman tanaman padi seperti hama keong mas dan lain-lain perlu segera diantisipasi dengan mencari hama keong atau penyemprotan obat-obat pembasmi hama tanaman, sehingga tidak sampai terlambat atau mengancam produksi panen mendatang,” ujar Serda Toni Suwandi.

Pada saat tanaman padi mulai berbunga rentan terhadap serangan hama keong mas, sehingga perlu pengawasan dan perawatan lebih intensif dari petani, namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya,” kata Serda Toni Suwandi.

Menurutnya, terdapat beberapa tahap/cara untuk mengatasi hama keong mas ini secara sederhana dan mudah. Yaitu mengambil keong mas yang menempel pada tanaman pada saat dia masih bergerak aktif. Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin”, tutupnya.