oleh

Himbau Warga Sadar Akan Prokes Serta Dampingi Tim Kesehatan Laksanakan Tracing Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

-Militer-74 views

Simalungun  |  Hasil dari koordinasi dengan  tim tracer Setempat bahwa  yg bersangkutan isolasi di RS Medan,yg bersangkutan mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti himbauan Nakes serta dari Babinsa setempat, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/BM jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Temu beserta tim tracer Kecamatan Ujung Padang turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Tracing Kepada masyarakat yang sudah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Aek Gerger Sidodadi Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun, Minggu (20/02/2022).

Dengan melaksanakan kegiatan Tracing adapun warga yang Suspek Covid-19 dan kontak Erat pada pelaksanaan kegiatan tersebut adalah, Suspek Covid-19, Nama : Semi, Umur : 67 tahun, Jenis kelamin : Perempuan, Alamat : Nagori Aek Gerger Sidodadi Kecamatan Ujung Padang (isolasi di RS. Medan), untuk Kontak Erat Hasil Swab kontak erat semua nya Negatif.

Pada kesempatan tersebut Babinsa dengan melaksanakan pendampingan kegiatan Tracing Covid-19, Babinsa mengatakan dilaksanakan tracing ini, karena ada salah satu keluarga warga binaannya dan salah satunya positif Covid-19, yang saat ini sedang melaksanakan isolasi mandiri dibawah pengawasan posko PPKM mikro. Kegiatan ini bertujuan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Ujung Padang. “Kegiatan ini untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan warga yang positif Covid-19, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan lebih lanjut agar Covid-19 tidak menyebar luas,” jelasnya.

Dengan dilakukan ini semoga tidak terjadi penambahan positif Covid-19, Babinsa juga mengimbau warga untuk tidak bosan mematuhi protokol kesehatan, agar kita terhindar dari Covid-19, dengan melakukan pendampingan terhadap petugas tracing contact Covid-19, Tim dari Puskesmas melaksanakan tracing contact (pelacakan kontak erat) Covid-19 ke rumah-rumah warga di Nagori Aek Gerger Sidodadi Kecamatan Ujung Padang. Kedatangan tim trecing ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, menurut Babinsa tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus Corona. Kegiatan dalam pelaksanaan tracing dan rapid antigen diawali dengan penyampaian edukasi kepada peserta test rapid antigen oleh Tim medis Puskesmas Kecamatan Ujung Padang. Kemudian dilanjutkan test rapid antigen oleh petugas medis dengan pengambilan swab nasofaring/hidung. Test rapid antigen terhadap kontak erat dengan Pasien terkonfirmasi Covid -19 adalah sebagai langkah antisipasi dalam rangka upaya pencegahan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tutup Babinsa.

 

 

Berita Lainnya