oleh

Ini Kepuasan Babinsa Koramil 02/Air Putih Dapat Dampingi Petani Disawah

-Militer-44 views

Batu Bara  |  Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida.

Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal dan terwujudnya Ketahanan pangan. Usai bantu, Serma Saroni duduk bersama Wagino untuk saling tularkan ilmu pertanian dan beri semangat kepada petani agar hasil panennya meningkat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Air Putih Sertu Sumedi jajaran Kodim 0208/Asahan dengan mendampingi anggota kelompok tani membantu Bapoak Sopian untuk membersihkan rumput (Gulma) yang tumpuh di sela-sela tanaman padi yang terletak di Desa Tanjung Kubah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Jumat (10/01/2020).

Pada kesempatan itu juga Sertu Sumedi mengungkapkan “Gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam setiap pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” jelasnya.