oleh

Jajaran Kodim 0208/Asahan Membagikan Masker Kepada Buruh harian

-Militer-7 views

Asahan  |  Semakin bertambahnya kasus corona virus disease 2019 atau covid-19 di Kabupaten Asahan membuat anggota Koramil 10/Sei Kepayang jajaran Kodim 0208/Asahan, Babinsa Serda Dedy Surya turut serta melaksanakan kegiatan membagikan masker kepada masyarakat yang bekerja buruh harian pengolah Kelapa Kopra agar melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin Protokol Kesehatan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang dilaksanakan di Jalan Tanjung Balai sampai dengan Jalan Tanjung Ledong, Desa Sei Kepayang Tengah Dusun II, Kabupaten Asahan, Minggu (04/10/2020).

Sebelum memulai kegiatan Serda Dedy Surya melakukan cuci tangan dan cek suhu tubuh untuk memastikan bahwa tengah dalam keadaan sehat. Setelah memeriksa suhu tubuh Babinsa, tim kemudian bergerak membagikan masker kepada masyarakat di pinggir jalan sembari menyampaikan imbauan melalui pengeras suara. Sasaran pembagian masker ialah para masyarakat yang bekerja buruh harian pengolah Kelapa Kopra yang tetap bekerja di tengah wabah covid-19. Target dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat di kalangan tersebut perlu bantuan dalam menyiapkan masker yang telah dianjurkan WHO untuk wajib digunakan, namun ketersediaannya langka dan mahal.

Sebelum memberikan masker, warga diberi handsanitizer atau antiseptic sebagai bentuk sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dalam menangkal virus corona, serta mengingatkan agar memakai masker saat beraktifitas dan tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Menurut Babinsa Serda Dedy Surya, kegiatan ini lebih menekankan pada edukasi agar masyarakat lebih waspada dan turut membantu memutus mata rantai penyebaran covid-19 sekaligus membantu ketersediaan masker bagi masyarakat kurang mampu.

Giat ini juga diharapkan menjadi efek kejut agar masyarakat kembali menjalankan imbauan sesuai protokol pencegahan covid-19 dimana warga diimbau tetap di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak, menjaga kebersihan diri diantaranya dengan rajin cuci tangan dan tidak berkumpul.Warga masyarakat yang bekerja sebagai pengolah Kelapa Kopra pun selalu menggunakan masker saat bekerja dan melaksanakan Protokol Kesehatan supaya dapat menghindari atau melawan serta memutus penyebaran COVID 19.