oleh

Kapten  inf Zulfan  Hadiri Festival Permainan Tradisional Anak Akan Kembali Digelar Di Asahan

-Militer-38 views

Kisaran  |  Kegiatan Danramil 06/Kisaran Kodim 0208/Asahan Kapten  inf Zulfan mewakili Komandan dlm rangka Kejuaraan Festifal permainan tradisional & rekreasi Kab. Asahan yg diadakan oleh FORMI Kab. Asahan di Lapangan UNA Asahan, Senin (23/12/2019)

Ini merupakan bentuk komitmen FORMI Kab. Asahan Sebagai UPT Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus melestarikan permainan tradisional dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai permainan tradisional di daerahnya.

Permainan tradisional telah menjadi wahana penting dalam menyimpan spirit kebangsaan, Indonesia. Di dalam ragam jenis permainan, segenap kearifan dan nilai-nilai keadaban dikemas dan diwariskan kepada setiap anak yang mulai belajar memahami makna penting kebangsaan dan kemanusiaan.

Semua jenis permainan tradisional mengajarkan kearifan hidup yang seimbang, yakni spirit yang lazim kita kenal dengan ‘gotong royong’. Itulah juga pondasi kebangsaan Indonesia. Melalui permainan tradisional, anak-anak dihantar memahami dan menemukan substansi nilai gotong royong. Nilai-nilai itulah pondasi yang kokoh bagi pembentukan karakter. Permainan tradisional adalah perhelatan bagi anak-anak untuk mengenal bangsanya.

Ketua FORMI Kab. Asahan menyatakan, FPTA tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya peserta bertanding mewakili gugus, kali ini mereka mewakili kecamatannya masing-masing. “Hal ini sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Kebudayaaan Kemendikbud RI untuk menyukseskan Pekan Kebudayaan Nasional 2019 di bulan Desember  nanti, maka seleksi dilakukan dari tingkat daerah”, tutur Nya. Kegiatan dihadiri oleh Ketua FORMI Kab. Asahan,Wakil ketua FORMI,Danramil 06/KS mewakili Dandim Para pengurus FORMI,Peserta.